Jelang musim libur, banyak masyarakat yang mulai bersiap untuk mudik ke kampung halaman. Salah satu moda transportasi yang menjadi pilihan adalah mobil pribadi. Para pemudik juga bisa membawa berbagai macam barang kebutuhan. Namun, banyaknya barang yang dibawa sering kali tidak cukup jika harus diletakkan seluruhnya di ruang bagasi sehingga banyak yang memasang bagasi tambahan atau roofbox pada atap mobil agar mudik tetap nyaman.
Terdapat berbagai pilihan roofbox Whale Carrier yang bisa digunakan mulai dari kapasitas 410 Liter hingga yang paling besar 650 liter dengan range harga mulai Rp4.8 jutaan hingga Rp.8.1 jutaan.

Untuk kendaraan MPV seperti Avanza dan Xenia biasanya lebih sering menggunakan roofbox untuk kebutuhan mudik. Sebagian besar menggunakan tipe 550 liter, meski tidak menutup kemungkinan pula menggunakan tipe 650 liter, baik karena faktor kebutuhan maupun bentuknya yang gagah. Sementara itu, untuk kendaraan jenis citycar biasanya menggunakan roofboxtipe 410 liter, tetapi belakang semakin banyak yang memilih roofboxberukuran 550 liter sedangkan untuk kendaraan LCGC akan lebih baik menggunakan yang ukuran lebih kecil demi kenyamanan dan keselamatan.

Sebelum menggunakan roofbox, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memasang crossbar terlebih dahulu sebagai kakinya. Setelah dipastikan kencang baru pasang roofbox. Kalau untuk kendaraan SUV atau yang sudah memiliki roofrail maka crossbar bisa dipasang di roofrail-nya, sedangkan untuk mobil MPV, LMPV, maupun citycar yang tidak memiliki roofrail maka crossbar bisa dijepit di list plafon mobil.