Libur natal dan tahun baru mungkin waktu yang cocok untuk road trip alias menikmati liburan dengan perjalanan darat menggunakan mobil pribadi.

Bagi yang sudah berencana untuk melakukan perjalanan jauh atau road trip, tentu harus lebih berhati-hati dan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Mengutip dari Okenews, berikut ini tips aman road trip naik mobil pribadi untuk liburan Natal dan Tahun Baru:

Tips Aman Mudik dengan Mobil Pribadi

1. Persiapan Sebelum Berangkat

Melakukan persiapan dan perencanaan yang sangat penting saat ingin road trip ke suatu tempat yang ingin dituju. Usahakan telepon lebih dahulu hotel atau tempat menginap di lokasi tujuan. Hal itu penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Perlengkapan Sanitasi

Setelah merencanakan persiapan, hal penting adalah mengemas perlengkapan kesehatan, mulai dari pembersih tangan, desinfektasn tisu basah, sarung tangan sekali pakai, kantong plastik, tisu. Selain itu membawa masker yang cukup untuk persediaan dalam perjalanan hingga pulang kerumah.

3. Bawa Air dan Makanan Ringan

Bawalah air dan makanan ringan. Dengan begitu, akan mengurangi beberapa kali berhenti. Selain untuk minum, air yang dibawa bisa digunakan untuk mencuci tangan, baik sebelum dan sesudah makan.

4. Istirahat di Jalan

Selama perjalanan mungkin sangat tergantung dengan toilet di tempat istirahat di jalan raya, seperti pom bensi atau res area. Oleh karena itu, saat menyentuh perlengkapan, selalu gunakan hand sanitizer seperti keran atau pegangan tangan.

Gunakan tisu atau handuk untuk melindungi tangan setelah mencucinya. Tentu saja harus memakai masker.

5. Gantian Menyetir

Ketika road trip, ada baiknya kamu bepergian bersama orang yang bisa gantian menyetir agar bisa gantian menyetir sebelum benar-benar lelah. Perjalanan pun lebih cepat dan aman.

 6. Cek kondisi mobil

Terakhir adalah mengecek kondisi mobil, pastikan mobil dalam kondisi prima dan kuat untuk dibawa dalam perjalanan jauh.

Mulai dari kondisi mesin, rem, hingga tekanan ban, ada baiknya jika kamu melakukan servis mobil sebelum berangkat.

7. Siapkan bagasi tambahan

Untuk kamu yang mudik dengan keluarga, tentu banyak bawaan yang memakan tempat bagasi mobil. Jangan khawatir, dengan menambah bagasi tambahan roof box kamu bisa menaruh barang bawaan didalamnya sehingga bagasi mobil lebih lega. Whale Carrier menjadi salah satu pilihan Roof box yang banyak digunakan oleh pemudik. Terdapat banyak pilihan ukuran dan tipe yang bisa kamu gunakan.